MPASI itu Seru

Assalamualaikum Wr. Wb.

Mari menyimak sharing dari Bunda Harumi Aini dengan tema MPASI itu Seru dalam kuliah whatsapp Shalihah Motherhood berikut ini.

Download resume: Kulwap MPASI itu Seru

Tanya Jawab dengan Bunda Harumi Aini

Anak saya berusia 18 bulan. Sebelumnya bisa makan banyak, suka makan sayur dan buah juga. Tetapi ketika berusia sekitar 15 bulan, mulai tidak mau makan nasi, buah atau sayur, jadi hanya asi dan roti atau biskuit-biskuit. Nah sekarang ananda hanya mau makan telur dan kue-kue yang manis saja. Makan nasi ya kalau ananda mau saja. Apakah itu baik ya, Bun? selain asi kadang saya selipkan yoghurt atau **kult. Apa penyebabnya anak yang tadinya suka semuanya, tau tau jadi hanya suka 1 jenis makanan atau yang sesuai bentuk yang disuka, kalau tidak suka bentuknya ya tidak dimakan? Terima kasih.

Jawab:

Memang semakin besar usia anak bisa semakin punya keinginan kuat, semakin menunjukkan keinginannya. Kita sebagai ibu jangan mau kalah yaa dengan keinginan anak.

Kalau di atas umur 1 tahun bisa coba pola puasa 2-3 jam. Jadi selama 2-3 jam anak sama sekali tidak diberikan makanan, cemilan, ASI/susu. Tujuannya agar anak mengenali rasa lapar. Dan agar tau jam makan teratur.

Tetapi kalau misal tidak suka nasi tidak harus dipaksa nasi ya. Karbohidrat alternatifnya ada banyak bisa kentang, mie, pasta, dll. Yang penting kita jaga asupan 4* nya ya Bun, kreasikan jenis menu, bentuk, rasa, tekstur, warna.. Kalau belum mau, coba lagi tawarkan lain kali. Tidak mau sekarang mungkin beberapa hari atau beberapa minggu ke depan akan mau.

Anak saya dulu begitu, awal mpasi suka sekali pisang, umur 8 bulan sampai 1 tahun sama sekali tidak suka pisang. Di atas setahun jadi suka sekali. Sekarang sedang tidak suka lagi. Tidak apa-apa seperti itu biasa. Ada masanya untuk selera anak berubah-berubah.

Kuliah MPASI itu Seru selengkapnya bisa di download pada tautan berikut ini

unduhan Kulwap MPASI itu Seru

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Leave a comment