Optimalkan Tumbuh Kembang Anak dengan ASI

Assalamualaikum Wr. Wb.

“Dan Kami ilhamkan kepada ibunya Musa, susuilah dia (Musa), dan apabila engkau khawatir terhadapnya, maka hanyutkanlah dia ke sungai (Nil). Dan janganlah engkau takut dan jangan (pula) bersedih hati, sesungguhnya Kami akan mengembalikannya kepadamu, dan menjadikannya salah seorang rasul”. (QS. Al-Qashash ayat 7)

Sebegitu pentingnya menyusui, hingga dalam kondisi mencekam sekalipun. Penguasa pada saat itu memerintahkan untuk membunuh semua bayi laki-laki. Namun, perintah pertama dari Allah SWT kepada ibunda Musa tetaplah “susui dia (bayi Musa)”

Sebagian orang mungkin beranggapan, bahwa menyusui hanyalah sebuah proses untuk pengganjal lapar & pelepas dahaga bayi mungil tercinta..

Apakah benar seperti itu?
Lalu, apa bedanya menyusui dg proses pemberian asupan lainnya untuk buah hati tercinta?

Nah.. penasaran kan??

💞 Menyusui dapat memenuhi kebutuhan ASUH (pertumbuhan), ASIH (kasih sayang), dan ASAH (perkembangan) pada anak 💞

🧕🏻 Narasumber: Ferisa Puspitasari Konselor ASI
⏳ Rabu, 7 Agustus 2019 mulai pukul 08:00 WIB

Download resume: Optimalkan Tumbuh Kembang Anak dengan ASI

Tanya Jawab dengan Bunda Ferisa

Dulu bidan menyarankan saya untuk memberikan ASI esklusif sampai bayi 6 bulan. Namun terkendala puting payudara saya sebelah kiri itu cuma terlihat sedikit dan bayi saya selalu tidak sabar untuk menyusu dan tidak mau menyusu di payudara kiri karena kendala puting susu tersebut. Bibi saya sudah menyarankan untuk terus tetap mencoba dan jangan menyerah namun melihat bayi saya yg terus menangis sampai kencang saya benar-benar kebingungan. Mencoba pumping pakai pompa manual hasilnya tetap sedikit. Akhirnya saya dan suami menyerah dan memutuskan utk ASI (dari payudara sebelah kanan)+Sufor. Alhasil anak saya bisa full ASI (walau hanya mengandalkan payudara sebelah kanan) semenjak dia mulai MPASI. Dan alhamdulillah sejak usia 6+ sampai saat ini dia sudah tidak lagi minum sufor dan hanya ASI+MPASI. Pertanyaannya bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut agar tidak terulang kembali kepada anak saya yg kedua nanti, agar saya bisa memberikan full ASI kepada anak saya.

Jawab:

Masyaa Allah perjuangan ya mba menyusui dengan satu payudara 🙂 semoga dimudahkan semuanya ya mba.. kecenderungan ibu baru, puting payudaranya datar. Hal ini menjadi
lumrah karena mayoritas seperti itu. Namun, sebenarnya pelekatan benar, bayi menyusu atau menghisap pada areola (lingkaran gelap/hitam) bukan puting. Jadi bagaimana pun kondisi
puting, ini bukan kendala yang signifikan. Bayi seharusnya tetap bisa menyusu dengan baik. Dan kebanyakan ini yang kemudian menjadi salah persepsi.

Namun demikian puting yang keluar tentunya memudahkan bagi bayi baru lahir karena mulutnya yang kecil. Solusi bagi ibu yang memiliki puting yang datar bisa melakukan treatment menarik puting dengan nipple puller (tersedia di apotek dengan harga terjangkau) atau membuat sendiri dari spuit/ suntikan baru yang dimodifikasi. Gambar terlampir ya mba.. Treatment ini direkomendasikan untuk dilakukan setelah melahirkan karena apabila dilakukan saat hamil malah akan menimbulkan kontraksi. Cara alamiahnya lagi, puting akan
keluar seiring intensitas bayi yang menyusu secara langsung (direct breastfeeding).

Semoga kehamilan berikutnya bisa belajar dari pengalaman ya mba 😊 ✅

Kuliah Whatsapp Optimalkan Tumbuh Kembang Anak dengan ASI selengkapnya dapat di download pada tautan berikut ini.

Optimalkan Tumbuh Kembang Anak dengan ASI

Resume boleh di-share dengan disertai sumber dan ijin dari kami, Shalihah Motherhood, sebagai komunitas penyelenggara.

Wassalamualaikum Wr. Wb.