Kesehatan Gigi Anak

Assalamualaikum Wr. Wb.

Mari menyimak sharing dari Bunda Mayang Piastiari, drg. dengan tema Kesehatan Gigi Anak dalam kuliah whatsapp Shalihah Motherhood berikut ini.

Download resume: Kuliah Kesehatan Gigi Anak

Tanya Jawab dengan Bunda Mayang

Bagaimana tipsnya agar anak mau dan tidak menangis ketika disikat/menyikat giginya? Bagaimana jika anak sedang sariawan? lalu kapan waktu yang tepat bagi anak untuk menggosok gigi, apa ketika mau tidur atau setelah makan?

Jawab:

Membiasakan anak dengan kegiatan tersebut. Mengajarinya menyikat gigi rutin dua kali sehari setiap selesai sarapan & sebelum tidur malam, karena dua waktu tersebut memang yang paling utama dianjurkan untuk menyikat gigi hingga besar nanti. Sesekali perlu mengajak anak menyikat gigi bersama di kamar mandi.

Jika anak sedang sariawan, pasti cenderung malas sikat gigi ya. Wajar kok. Sariawan akan sembuh sendiri, tetapi kalau dirasa sudah terlalu lama dan membuat anak menjadi rewel lebih baik periksakan ke dokter gigi. Dokter gigi bisa memberikan obat sariawan yang aman untuk balita maupun anak-anak. Selama belum bisa menyikat gigi karena sariawan, tetap biasakan membersihkannya menggunakan kasa atau lap handuk dibasahi air hangat. ✅

Kuliah Kesehatan Gigi Anak selengkapnya bisa di download pada tautan berikut ini

unduhan Kuliah Kesehatan Gigi Anak

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Leave a comment