Perencanaan Keuangan Rumah Tangga Syariah

Assalamualaikum Wr. Wb.

Sebagai ibu rumah tangga tentunya kepentingan keluarga dan rumah menjadi yang utama. Namun tak jarang kita bingung dan merasa sulit mengatur keuangan keluarga, merasa keuangan sudah habis sebelum gajian datang? Merasa besar pasak daripada tiang? Merasa penghasilan bertambah tapi tak punya investasi atau tabungan? Gigit jari di tengah bulan nunggu gajian?

Lantas, bagaimana pengelolaan keuangan yangg tepat, rapi dan syar’i?
Yuk Moms, belajar lagi pengelolaan keuangan secara syari melalui kuliah whatsapp yang diadakan Shalihah Motherhood bersama Ustadz Muhammad Ridho.

Download resume: Kuliah Perencanaan Keuangan Rumah Tangga Syariah

Tanya Jawab dengan Ustadz Muhammad Ridho

Berapa besar sedekah yang diperbolehkan? Berapa perbandingan sedekah dan tabungan yang baik? Saya berpenghasilan lebih banyak dari suami, ingin sedekah banyak, tetapi suami bilang sedekah boleh tapi jangan lupa menabung.

Jawab:

Islam mengajarkan kepada kita untuk gemar dengan sedekah, karena sesungguhnya sedekah akan membuat harta kita semakin tumbuh dan berkembang, sebagaimana dalam al-qur’an bahwa Allah akan memusnahkan harta riba dan menyuburkan sedekah. Seberapa besar sedekah kita lakukan, tentunya disesuaikan dengan kemampuan kita dengan juga memperhatikan kondisi keuangan kita serta tanggung jawab yang harus kita penuhi. Sebagian para ulama mengatakan bahwa sedekahlah bagian hartamu dengan tidak lebih dari sepertiga bagian karena ada bagian lain yang juga harus kita penuhi yaitu kebutuhan sekarang dan keamanan keuangan di masa mendatang (tabungan). Karena kita secara sunnatullahnya juga harus punya antisipasi atas kondisi di masa mendatang sebagai bentuk ikhtiar, yaitu salah satunya dengan cara menabung, karena Islam juga mengajarkan kita untuk pandai dalam mengamankan kondisi yang akan dengan adanya persediaan di masa mendatang, kalau boleh membuat persentase maka sedekahkanlah 1/3 hartamu, dan investasikan (tabungan) juga 1/3 bagian. Wallahu ta’ala a’lam. ✅

Kuliah Perencanaan Keuangan Rumah Tangga Syariah selengkapnya bisa di download pada tautan berikut ini

unduhan Kuliah Perencanaan Keuangan Rumah Tangga Syariah

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Leave a comment